Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar Beserta Contohnya

Posted on

Assalammualaikum, warganet Indonesia. Kali ini badrulmozila.com akan menambahkan edukasi sedikit kepada teman-teman bahkan untuk adek-adek yang masih sekolah dengan segala kegiatan kegiatan. Untuk itu Badrul Mozila akan menambahkan tips bagaimana sih Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar beserta Contohnya. Sebelum lebih jauh mengetahui Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar, alangkah lebih baiknya apabila anda mengetahu terlebih dahulu apasih itu Proposal.
Apa itu Proposal Kegiatan ?

Tahukah kamu? Proposal adalah suatu rencana kegiatan yang akan berlangsung dalam wujud tulisan dengan sistematis dan terperinci. Proposal dibuat untuk meraih persetujuan berasal dari pihak lain untuk diajak dalam bekerjasama. Bisa terhitung dibuat untuk permohonan dana bantuan yang nantinya akan tersedia kerjasama antara pihak yang mengajukan proposal dengan pihak yang memberi bantuan.

Pengertian Proposal dapat diartikan terhitung sebagai sebuah perencanaan kegiatan yang ditulis kedalam sebuah susunan kegiatan kerja yang sudah terjadwal. Perencanaan atau susunan tersebut perlu mengetahui tujuannya, agar pihak yang berkepentingan dapat mengetahui apa maksud dan obyek berasal dari proposal tersebut.

Pihak berkepentingan yang dimaksud adalah orang (individu) maupun pihak (kelompok/perusahaan) yang menambahkan izin, menyumbang dana kepada pihak yang mengajukan proposal tersebut. Misal : camat, perusahaan A, perusahaan B, sekolah, kepolisian, sponsor, dsb. Untuk itu, tersebut ini badrulmozila akan menyebutkan bagaimana sih cara menyebabkan proposal dengan baik dan benar beserta contohnya, agar pihak berkepenting yang terlibat di sebuah kegiatan tersebut dapat memahaminya.

Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar Beserta Contohnya
Berikut adalah bagian-bagian proposal yang perlu diperhatikan saat anda akan menyebabkan sebuah proposal.
Bagian-Bagian Proposal Kegiatan
1. Judul
2. Pendahuluan
3. Dasar Kegiatan
4. Tujuan Kegiatan
5. Nama Kegiatan
6. Waktu dan Tempat Kegiatan
7. Susunan Acara Kegiatan
8. Susunan Panita Kegiatan
9. Anggaran Kegiatan
10. Lampiran

Lihat Juga : Contoh Proposal Kegiatan

Pada pembahasan cara menyebabkan proposal dengan baik dan benar kali ini pakai salah satu contoh yakni : PROPOSAL KEGIATAN PENTAS SENI.
Berikut Tahap Pembuatan Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar
Secara umum, menyebabkan proposal kegiatan itu lebih sederhana dibandingkan menyebabkan proposal penelitian. Namun, anda terhitung perlu tetap mencermati urutan atau tahapan berasal dari pembuatan Proposal Kegiatan tersebut.

1. Judul Proposal Kegiatan
Tuliskan judul proposal yang cocok dengan kegiatan yang akan anda selenggarakan
2. Pendahuluan Proposal Kegiatan
Kemudian di bagian pendahuluan terdapat 2 sub bab yakni :
1. Latar Belakang Kegiatan
2. Tujuan Kegiatan
Pada bagian sub bab latar belakang berisi basic atau alasan kenapa kegiatan ini perlu diselenggarakan, tetapi pada bagian sub bab obyek kegiatan berisi hasil yang diharapkan berasal dari kegiatan yang akan diselenggarakan.
3. Isi Proposal Kegiatan
Yang paling akhir di bagian mengisi berasal dari proposal kegiatan terdapat 8 sub bagian diantaranya:
1. Tema Kegiatan
2. Macam-Macam Kegiatan
3. Peserta
4. Peralatan yang dibutuhkan
5. Waktu dan Tempat Kegiatan
6. Susunan Acara Kegiatan
7. Susunan Kepanitiaan
8. Anggaran Dana
4. Penutup
Dan layaknya biasa, pada bagian ujung proposal diberi penutup yang berisi harapan untuk diberikan dukung kepada pihak mengenai agar kegiatan tersebut dapat diselanggarakan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *