Beberapa Jenis Mesin Genset yang Populer

Posted on

Sebelum membeli atau menggunakan generator set tentunya kita sudah tahu apa fungsi utama dari genset. Genset bia menjadi alternative pertama dari pembangkit tenaga listrik ketika PLN memadamkan listrik, akan tetapi yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mesin genset adalah mengenali apa saja jenis dan fungsi dari mesin genset tersebut sehingga tidak salah beli.

Merk genset yang terkenal dan awet adalah Cummins. Harga genset Cummins murah bisa didapat di distributor resmi genset Cummins di Pulau Jawa. Genset Cummins memiliki banyak sekali kapasitas yang bisa dipilih untuk semua golongan pemakai. Mulai dari Kva menengah sampai besar.

genset cummins

Mesin Genset Gas

Mesin yang satu ini memakai bahan bakar dari gas seperti bio gas yang dihasilkan dari limbah, LPG, maupun flare gas. Untuk proses pemakaian gas CNG, kita bisa mempertimbangkan terlebih dahulu mengingat biaya untuk memakai gas tersebut cukup mahal.

Melihat fakta mahalnya genset gas yang dijual di pasaran kita mungkin cenderung memilih untuk membeli genset berbahan bakar bensin premium atau solar padahal dari segi pemakaian, genset gas jauh lebih hemat daripada genset diesel.

Genset Diesel

Untuk model genset berikut ini bahan bakar yang digunakan adalah solar. Karena bahan bakarnya mudah untuk ditemukan tidak heran jika genset diesel termasuk model yang paling digemari oleh masyarakat. Kelebihan memiliki genset diesel terletak pada komponen mesin yang lebih awet selain itu tidak terdapat busi daam cara penghidupan mesin genset sehingga jauh lebih aman untuk digunakan karena tidak menyebabkan percikan api.

Genset Portable

Mesin genset tipe ini lebih cocok digunakan oleh mereka yang hidupnya nomaden, karena mesin bisa dibawa kemana saja dengan mudah alias bisa dipindahkan. Mesin ini cukup sering dipakai untuk menghasilkan energy listrik ketika melangsungkan acara di perkemahan, di lapangan terbuka atau tempat lainnya yang sulit dijangkau oleh jenis mesin genset lainnya.

Genset Bensin

Bahan bakar yang digunakan sudah barang tentu adalah bensi, sama seperti genset diesel mesin genset ini termasuk yang sangat populer di masyarakat terutama di perumahan, banyak rumah tangga yang memiliki unit genset bensin dengan kapasitas daya maksimal 10.000 watt. Ada pun brand genset bensin yang cukup populer adalah brand asal Jepang, Mitshubishi dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *