4 Komponen yang Menyusun Fungsi Utama Dari Mesin Genset4 Komponen yang Menyusun Fungsi Utama Dari Mesin Genset

Posted on

4 Komponen yang Menyusun Fungsi Utama Dari Mesin Genset

Jual Genset – Mesin genset yang biasa kita gunakan sebagai sumber utama listrik setelah listrik PLN memiliki beberapa komponen bukan hanya main stator atau rotor saja, namun ada komponen lainnya yang fungsinya tidak kalah penting yakni exciter, rotating rectifier, varistor dan juga AVR. Lebih lanjut mengenai sejumlah komponen tersebut, simak dengan baik di bawah ini:

Exciter

Ada 2 bagian dari komponen yang satu ini, diantarranya adalah exciter stator dan juga exciter rotor. Apa yang dimaksud dengan dua bagian tersebut?.

Exciter stator adalah kumparan satu phase yang akan menerima arus DC yang asalnya dari AVR untuk dapat membangkitkan medan magnet lalu selanjutnya akan menginduksi GGL dalam kumparan exciter roto.

Sedangkan Exciter rotor adalah kumparan 3 phase yang telah terhubung dengan star dan akan menerima tegangan induksi AC langsung dari Exciter stator lalu kemudian akan diteruskan pada kumparan main rotor dari rectifier. Komponen ini berfungsi juga sebagai sumber arus sehingga bisa menjadi penguat dari field coil generator utama yakni dengan cara merubah output tegangan AC ke DC dari rotating dioda.

Rotating Rectifier

Komponen ini terdiri atas 6 buah dioder, ada 3 forware dan juga 3 reverse. Komponen ini berfungsi dengan baik untuk mengarahkan arus AC yang berasal dari exciter rotor jadi arus DC sebagai proses penguatan di main rotor.

Varistor

Komponen mesin genset ini berfungsi untuk dapat melindungi diode set dari semua sentakan yang diakibatkan oleh semua perubahan arus besar di main stator, seperti beban yang besar yang hilang mendadak, gangguan di parallel bahkan petir.

AVR

Komponen ini merupakan komponen elektronik terpadu yang berfungsi untuk mengontrol tegangan dari keluaran mesin generator, atau sebagai penerima daya AC yang berasal dari kumparan main stator maupun kumparan sumber tegangan tambahan serta tegangan sensing yang berasal dari kumparan main stator, bisa juga berfungsi untuk mengolah serta pada akhirnya akan membantu mengeluarkan arus DC pada kumparan exciter stator. Biasa juga disebut sebagai instrument yang ada pada mesin genset dalam model modul yang fungsinya untuk dapat mengatur setting otomatis output tegangan atau kapasitas yang asalnya dari mesin genset yang telah dipasangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *