2 Metode Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Resmi Di Indonesia

2 Metode Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Resmi Di Indonesia

Gotax – Warga Indoensia yang mempunyai tanah dan bangunan diharuskan untuk secara rutin membayar PBB tiap tahunnya. PBB merupakan pajak negara yang telah dikenakan pada bumi maupun bangunan yang berdasarkan pada UU Nomor 12 tahun 1985 mengenai Pajak Bumi dan Bangunan setelah  diubah dengan UU Nomor 12 di tahun 1994.

Pajak bumi dan bangunan adalah jenis pajak yang memiliki sifat kebendaan dan secara umum besar atau kecilnya pajak terutang itu ditentukan oleh kondisi objek seperti bumi, tanah, maupun bangunan. Kondisi subjek tidak akan ikut menentukan besar kecilnya pajak.

Melihat berdasrkan Pasal 1 Undang Undang Nomor 12 Tahun 1985 mengungkapkan jika yang dimaksud bumi merupakan permukaan bumi serta tubuh bumi yang berada persis di bawahnya. Ada pun permukaan bumi ini meliputi tanah, rawa-rawa tambak pengairan, perairan pedalaman juga laut wilayah RI.

Sementara itu bangunan merupakan konstruksi teknik yang dilekatkan atau ditanam secara menetap di tanah maupun perairan untuk digunakan sebagai tempat tinggal, tempat melakukan usaha dsb.

Bila sudah jatuh tempo, maka denda yang akan diberikan adalah sebesar 2% tiap bulannya dan ditanggung sendiri oleh WP. Proses pembayaran PBB bisa dilakukan secara online dan offlin.

Metode Offline

Bila memilih jalur offline maka yang perlu Anda lakukan hanyalan datang secara langsung jadi pembayarannya bisa dilakukan.

  1. Bank dan kantor pos maupun giro tempat pembayaran tercantum di SPPT maupun
  2. Petugas pemungut pajak bumi dan bangunan di kelurahan atau desa yang sudah ditunjuk secara resmi

Ketika ingin melakukan pembayaran ke salah satu dari dua tempat tersebut, WP harus menunjukkan SPPT PBB dan  sebagai bukti pembayarannya maka WP akan mendapatkan STTS (Surat Tanda Terima Setoran).

Metode Online

Untuk dapat meningkatkan pelayanan WP maka pembayaran dari PBB bisa juga dilakukan secara online seperti memanfaatkan fasilitas ATM atau teller. Keuntungan yang diperoleh daro membayar via online adalah:

  1. Tidak terikat di jam kerja
  2. Terhindar dari antrian panjang saat di bank
  3. Melayani pembayaran pajak bumi dan bungunan atas objek pajak yang ada di seluruh Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *