Sistem Lighting Panggung Untuk Panggung Teater

Posted on

Sistem Lighting Panggung Untuk Panggung Teater

Sewa Lighting Panggung Jakarta – Pencahayaan adalah bagian yang sangat penting dari pertunjukan teater. Setiap adegan sangat memungkinkan memerlukan teknik pencahayaan yang berbeda-beda untuk dapat menyapaikan maksud dan perasaan pemain. Walaupun actor bisa memberikan gambaran mengenai suasana hati, lighting bisa memberikan gambaran mengenai suasana hati disaat tidak ada kata yang diucapkan oleh pemain.

Dalam prosesnya, desain lighting untuk step pertama yang harus kita lakukan adalah mempelajari produksinya. Dan yang tidak kalah penting dari lighting adalah untuk bisa memastikan jika para actor dan aktris tidak ada dalam bayang-bayang serta bayang-bayang actor tidak mengganggu penonton.

Warna bisa mempunyai efek yang sangat dramatic dalam perjalanan tiap adegan terutama untuk para penonton. Ada 3 warna dasar yang umumnya dipakai seperti warna hijau, merah dna warna biru. Warna-warna tersebut dikenal dengan warna utama lighting. Ada juga warna lain yang dikenal sebagai warna sekunder, seperti campuran dari warna merah dan hijau yang akan menghasilkan warna kuning, atau campuran warna biru dan hijau yang akan menciptakan warna cyan serta campuran warna merah dan biru yang akan menciptakan warna magenta.

Melalui trial and errot kita bisa menggabungkan jumlah warna untuk memperoleh nuansa yang jauh lebih unik dan berbeda. Ada sejumlah posisi sebagai spot penempatan lighting, yakni di depan, samping dan di bawah serta background.

Front Lighting

Pencahayaan ini berada di depan dan berfungsi untuk visibilitas serta warna. Lampu jenis ini umumnya dipakai untuk dapat mengisolasi individu tertentu atau sebagai set piece. Lampu depan pada umumnya akan bekerja jauh lebih baik bila ditempatkan tepat di sudut di antara 30-50 derajat.

Side Lighting

Pemakaian paling umum lainnya adalah side lighting. Sisi dari pencahayaan ini umumnya menggunakan warna yang jauh lebih terang sehingga bisa memberikan aksen gerakan serta warna yang lebih kontrak dari sisi yang berbeda.

Down Lighting

Merupakan jenis pencahayaan yang digunakan untuk menciptakan ilusi. Down lighting ini bekerja sangat baik untuk dapat mengisolasi satu individu atau satu actor dengan actor lainnya yang berada di sekitarnya.

Bakcground Lighting

Latar pencahayaan merupakan style pencahayaan yang sangat berani, lampu yang digunakan jauh lebih cerah daripada lampu lain yang dipasang di sekitaran panggung. Tujuannya untuk menghasilkan gambar yang kuat dan tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *