Pengertian Pipa HDPE

Distributor pipa HDPE – HDPE (High Density Polyethylene) ialah produk pipa plastik bertekanan yang seringkali digunakan untuk drainase air bersih berstandar food grade. High Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas tinggi adalah bahan baku material penciptaan Pipa PE.
HDPE biasa pun dikenal dengan nama Pipa PE (atau Pipa PE-100). Material HDPE diciptakan dari bahan minyak bumi yang memiliki ciri khas antara lain, yakni :
1. Memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi sampai-sampai tidak gampang rusak.
2. Ikatan antar molekul material yang terikat paling kuat satu dengan yang lain sampai-sampai tingkat keretakan paling rendah.
HDPE adalah pipa berstandar food grade yang dengan kata lain aman guna peralatan santap dan minum. Hal itu dikarenakan bahan dari produk pipa yang satu ini yang tak gampang rusak dan menyebabkan pencemaran. Material ini sangat sesuai dan direkomendasikan untuk drainase air bersih bertekanan.
Pipa PE-100 atau HDPE mempunyai tingkat fleksibilitas yang paling baik. Pipa ini bisa dipasang dimana saja. Usia pemakai annya pun bisa bertahan lama. Di samping itu, Pipa ini pun anti karat, masalah yang sering dirasakan oleh pipa besi. Oleh sebab itu, produk ini sangat sesuai dipasang di area tropis laksana Indonesia sebab ketahanan terhadap pengaruh lingkungan sampai-sampai tidak gampang rusak.

Jenis-Jenis Aksesoris Pipa HDPE
Dalam instalasi drainase air, pipa didukung oleh sejumlah aksesoris perpipaan dengan sekian banyak macam format dan ukuran diameter. Jenis aksesoris atau fitting HDPE seringkali dibedakan menurut jenis penyambungan yang dipilih. Maka dari itu, secara umum ada tiga jenis aksesoris yang digunakan, yakni :

 Compression Joint ialah aksesoris yang dipakai untuk penyambungan pipa tanpa memakai mesin penyambungan (welding machine) HDPE, bahan perekat lainnya ataupun cara penyambungan Mechanical Joint.

 Butt Fusion ialah metode penyambungan HDPE yang dilaksanakan dengan memakai mesin penyambungan (welding machine). Mekanismenya yakni dengan memanaskan kedua sisi pipa maupun aksesoris HDPE sampai meleleh, setelah tersebut langsung dapat disatukan.

 Electrical Fusion Joint ialah aksesoris penyambungan HDPE yang mempunyai panel listrik yang dikonversi menjadi panas guna melelehkan kedua sisi yang bakal disatukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *