Bahan Alami Untuk Usir Rayap 

 

Serangga yang paling mengganggu kenyamanan manusia selain nyamuk adalah rayap. Rayap dapat muncul dimana-mana apalagi saat musim penghujan. Suasana yang lembab, basah dan banyak genangan air menjadi tempat favorit rayap untuk berkembang biak. Meskipun berukuran kecil,  faktanya rayap mampu merusak berbagai perabotan rumah tangga dan bahkan merobohkan rumah. Apabila dibiarkan, rayap semakin berkoloni dan memiliki kekuatan yang besar untuk merusak bangunan rumah.

Untuk mengusir rayap, Anda dapat menggunakan bahan alami anti rayap. Selain ramah lingkungan, bahan alami tentunya mudah ditemui dan murah meriah. Anda hanya rajin menggunakannya secara rutin. Berikut informasinya.

  1.     Mint

Daun mint banyak dikenal sebagai bahan alami untuk campuran beberapa produk seperti permen, obat, makanan dan masih banyak lagi. Mint juga dapat digunakan sebagai mengusir rayap secara alami. Selain rayap, mint juga mengusir serangga lainnya. Cara menggunakannya dengan menanam mint dalam pot kemudian letakkan di lokasi yang rawan diserang rayap atau serangga lain.

  1.     Cabai merah

Cabai merah juga dapat mengusir rayap. Dengan efek pedas pada cabai inilah yang membuat rayap kepanasan dan menjauh dari tanaman ini. Anda bisa menaruh tanaman cabai merah di pot dan letakkan di teras atau balkon rumah Anda untuk mengusir rayap.

  1.     Bawang putih

Sudah sejak lama bawang putih dikenal sebagai bahan alami untuk membasmi serangga. Khusus untuk membasmi rayap, Anda bisa menggunakan bawang putih dengan cara membuat cairan anti rayap dari bawang putih. Caranya dengan memotong bawang putih menjadi kecil-kecil, kemudian campurkan dengan air. Tunggu selama 6 jam dan buang ampasnya. Terakhir tambahkan sabun cuci piring dan gunakan cairan bawang putih untuk disemprotkan.

  1.     Daun vetiver

Daun vetiver memiliki harum yang wani. Daun ini juga sebagai utama pembuatan parfum. Dengan kandungan nookatone, daun ini mampu mengusir rayap dan bahkan serangga lain seperti nyamuk, semut, kutu dan lain sebagainya. Anda dapat menanam tanaman ini dibelakang rumah atau pekarangan rumah Anda.

 

Bahan-bahan alami berikut dapat Anda gunakan secara rutin saat dirumah. Dengan menanam tanaman yang dapat mengusir serangga, Anda juga melestarikan tanaman tersebut. Selain ramah lingkungan, tanaman tersebut juga mudah dijumpai dan memiliki harga yang murah bahkan gratis.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *