Beragam Jenis Jasa Percetakan yang Perlu kita Ketahui

Tidak bisa dipungkiri bahwa jasa percetakan gampang menjadi di antara jasa yang paling tidak sedikit dibutuhkan. Selain guna mencetak segala keperluan dokumen untuk kebutuhan pekerjaan, mesin printer dengan sekian banyak  jenis dan spesifikasi memungkinkan Anda guna mencetak sekian banyak  produk cetak mulai dari brosur, flyer, sticker, member card, undangan, sampai cetak desain yang diaplikasikan pada sekian banyak  media, mulai dari kaos sampai kemasan makanan/ minuman.

Agar kita tidak salah dalam memilih jenis jasa percetakan gampang dan menemukan hasil cetak cocok dengan kemauan Anda, maka kita perlu memahami terlebih dahulu pelbagai jenis jasa percetakan yang terdapat di pasaran. Beberapa diantaranya merupakan:

 

Digital printing

Jenis percetakan gampang kesatu sekaligus yang telah tidak sedikit dikenal luas ialah digital printing. Berbagai penyedia jasa digital printing bisa dengan gampang Anda temukan di dekat lokasi Anda. Salah satu keunggulan dari percetakan digital (digital printing) ialah tidak memutuskan jumlah paling tidak untuk bisa mencetaknya. Anda bisa mencetak dokumen dalam jumlah kecil, tergolong untuk mencetak dokumen sejumlah satu eksemplar saja. Percetakan gampang berjenis digital printing ini seringkali menjadi solusi untuk Anda yang butuh mencetak sticker, spanduk, brosur, flyer, kartu nama sampai mug dan sekian banyak  aksesoris lain. Tetapi ongkos untuk cetak digital printing tergolong lumayan mahal. Oleh sebab itu, untuk Anda yang membutuhkan untuk cetak sesuatu dalam jumlah besar, Anda butuh memilih pilihan percetakan beda yang lebih murah dan efisien.

 

Offset printing

Jenis jasa percetakan selanjutnya ialah offset printing. Mesin cetak yang dipakai untuk offset printing pasti mempunyai perbedaan dengan mesin digital printing. Bila mesin yang dipakai untuk digital printing memungkinkan Anda bisa mencetak pada pelbagai pilihan media, mesin guna offset printing lebih ingin digunakan guna mencetak pada media dengan bahan baku kertas. Kelebihan percetakan gampang dengan jenis offset printing ialah lebih murah dan efisien untuk Anda yang membutuhkan cetak dengan jumlah besar, laksana 5000 eksemplar atau lebih. Bidang pengerjaan yang bisa ditangani dengan baik dengan memakai offset printing ialah percetakan dengan media kertas laksana amplop, brosur, buku, majalah, paperbag sampai kardus kue.

 

Sablon

Jenis cetak lainnya ialah sablon. Pada zaman dahulu, percetakan gampang jenis sablon dilaksanakan secara manual dengan menyerahkan tinta di atas screen tertentu. Tetapi dalam sejumlah dekade terakhir, mulai tidak sedikit penyedia jasa sablon yang mengembangkan dengan memakai teknik sablon dengan mesin, yang di samping mendapatkan hasil yang lebih baik dapat menciptakan pekerjaan menyablon lebih cepat dan efisien. Cetak sablon seringkali digunakan pada media kain, plastik sampai kertas. Teknik pencetakan sablon yang diterapkan pada masing – masing media itu juga bertolak belakang satu dengan yang lain.

 

Flexo

Jenis percetakan gampang selanjutnya ialah flexo. Meski tak tidak sedikit orang yang memahami perbedaan mesin cetak flexo dengan offset dan digital printing, percetakan flexo mempunyai perbedaan besar di mana bahan media yang dipakai adalahbahan dalam format gulungan (roll) sedangkan offset dan digital printing tidak sedikit menggunakan media berbentuk lembaran terpisah. Kelebihan dari percetakan gampang flexo ialah tinta yang dipakai mempunyai harga yang lebih murah dikomparasikan dengan harga tinta yang dipakai untuk cetak offset atau digital printing. Hal ini pasti berbanding lurus pada harga jasa cetak flexo yang pun menjadi lebih terjangkau. Kelebihan lainnya ialah karena cetaknya memakai media dalam format roll, maka bahan baku yang dipakai pun relatif lebih hemat. Contoh pemakaian mesin cetak flexo ialah mencetak sticker, koran, dan pelbagai kardus kemasan, baik single wall maupun double wall.

 

Rotogravure

Meski jenis percetakan gampang satu ini belum tidak sedikit dikenal, kita pun butuh mengetahui tentang rotogravure. Berbeda dengan jenis percetakan sebelumnya, mesin rotogravure dipakai untuk mencetak pada media berbahan plastik. Contoh cetak rotogravure yang familiar ialah pada kemasan makanan instan laksana mie instan.

Jadi sebelum Anda memakai jasa percetakan mudah, tidak terdapat salahnya bila mempelajari terlebih dahulu pelbagai jenis percetakan di atas supaya tidak salah pilih ketika mencetak dokumen nantinya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *