TEKS EKSPLANASI DAN STRUKTUR ISINYA

Secara umum, teks eksplanasi diartikan sebagai sebagai sebuah teks yang menjelaskan mengenai serangkaian proses yang telah terjadi pada suatu peristiwa. Sedangkan menurut Restuti, teks eksplanasi lebih tepatnya adalah teks yang berisi tentang penjelasan mengenai proses atau sebuah fenomena yang terjadi di alam sekitar.

rumusrumus.com

Untuk lebih lengkapnya, Mahsun berpendapat bahwa teks eksplanasi merupakan sebuah rangkaian teks yang terdiri dari bagian pernyataan umum, penjelas, dan penutup. Bgian yang wajib ada adalah pernyataan umum dan bagian penjelas, sedangkan yang bersifat opsional adalah bagian interpretasi.

Mengenal struktur dari teks eksplanasi

Telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa teks eksplanasi terdiri dari dua bagian wajib dan satu bagian yang tidak wajib. Berikut ini penjelasannya :

  1. Bagian pernyataan umum

Pada bagian ini, terdapat penjelasan umum. Penjelasan tersebut bisa berisi apa fenomena yang sedang terjadi, siapa yang menyebabkan fenomena tersebut terjadi, kapan fenomena tersebut terjadi, dan berbagai pertanyaan lain yang menyangkut detail dari fenomena yang akan dibahas.

Singkatnya, bagian pernyataan umum ini berisi 5W dan 1H (what, who, when, where, why, how) yang biasanya harus ada pada sebuah teks berita.

  1. Bagian penjelas

Bisa diperkirakan sendiri pada bagian ini teks akan membahas mengenai penyebab sebuah fenomena terjadi. Penjelasan demi penjelasan akan dituangkan pada bagian teks eksplanasi yang satu ini. Apabila anda melihat contoh teks eksplanasi, anda bisa dengan mudah melihat bagian penjelas ketika teks mulai memperbincangkan sebab musabab dari sebuah fenomena.

  1. Bagian interpretasi

Bagian ini bagian yang bersifat opsional. Pada bagian ini, akan dicantumkan penutup serta tanggapan atas fenomena yang telah dibahas. Intisari dan kesimpulan dari teks eksplanasi juga dituangkan pada bagian teks yang satu ini.

Setelah mengetahui struktur dari teks eksplanasi, anda bisa berlatih membuat teks eksplanasi secara mandiri. Namun akan lebih baik sebelumnya anda mencari referensi dari website yang menyediakan contoh teks eksplanasi. Salah satunya adalah rumusrumus.com. di dalam website tersebut, andda bisa dengan mudah menemukan materi pelajaran yang anda inginkan, termasuk pelajaran bahasa Indoensia.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *